Spot anti-mainstream dan masih sepi wisatawan di Nusa Penida

Nusa Penida yang letaknya di seberang tenggara Bali ini memang cantik, dengan spot-spot Instagramable seperti Kelingking Beach, Broken Beach, Angel’s Billabong, dan Crystal Bay.

Tapi tahukah kamu masih ada beberapa spot anti mainstream lainnya di Nusa Penida, yang masih jarang dikunjungi turis, sehingga kamu nggak akan khawatir antri foto pada satu spot dengan group wisatawan lainnya.

Spot-spot yang masih jarang dikunjungi wisatawan di Nusa Penida ini umumnya ada di kawasan Timur dan Selatan. Jaraknya dari pelabuhan lumayan jauh, dengan waktu tempuh sekitar 60-90 menit dan kondisi jalan sempit, berbelok-belok, serta tanjakan dan turunan lumayan tajam.

Berikut beberapa destinasi non populer tapi tetep cakep buat dikunjungi di Nusa Penida.

Goa Giri Putri Temple

Seperti halnya di Bali, ada banyak pura di Nusa Penida. Salah satu yang paling unik adalah Giri Putri Temple.

Pura Hindhu Bali ini letaknya di dalam goa yang untuk masuk ke dalam kamu mesti melalui 110 anak tangga, plus lobang sekitar 80 cm sebelum masuk ke dalam goa. Yang unik, meski letaknya yang cukup ekstrem, pura ini bisa menampung sampai 5000 orang, terutama pada perayaan hari besar keagamaan.

Tanglad Hill (Bukit Teletubbies)

Sesuai namanya, kawasan perbukitan Tanglad Hill ini berbentuk seperti taman bermainnya tokoh kartun anak-anak, Teletubbies. Cocok sebagai destinasi alternatif kalo kamu udah mulai bosen dengan laut dan pantai.

Banah Cliff

Banah Cliff ini hampir sama dengan Thousand Island di sisi timur Nusa Penida. Hanya saja, akses jalan ke lokasi ini masih belum senyaman di kawasan Nusa Penida barat dan timur.

Momen terbaik untuk menikmatti Banah Cliff adalah pada sore menjelang petang. Ini adalah lokasi sunset paling cakep di Nusa Penida, setelah Kelingking Beach dan Crystal Bay.

Peguyangan Waterfall

Sebenernya, tidak ada “air terjun” beneran di tempat ini, seperti umumnya air terjun-air terjun lainnya di Bali. Di sini ada sebuah kolam di tepi tebing karang, mirip Angel’s Billabong, dengan air yang mengalir di dinding tebing.

Perlu fisik dan stamina ekstra menuju air terjun Peguyangan karena setidaknya ada kurang lebih 700 anak tangga menuju lokasi ini.

Manta Bay & Manta Point

Selain panorama tebing dan pantai, Nusa Penida juga punya beberapa spot diving dan snorkeling. Yang paling terkenal ada di Manta Bay dan Manta Point.

Sesuai namanya, di dua tempat ini kamu bisa diving dan snorkeling dengan banyak Manta, sejenis ikan pari raksasa yang tidak menyerang manusia.

Manta Bay adalah lokasi perkembang-biakan Manta di Nusa Penida, dengan perairan dan ombak yang lebih tenang dibandingkan di Manta Point.

Gamat Bay

Gamat Bay cocok untuk pemula snorkeling, free dive, atau mereka yang baru aja dapet dive license.

Ada dua area di Gamat Bay, yang satu lebih dangkal dan dekat dengan pantai berpasir putih, dan yang satu lagi lebih dalam, dekat dengan palung. Ada beragam jenis biota laut, hewan lunak, dan ikan karang warna-warni di Gamat Bay.

Temple Point

Lokasi ini juga sering dijuluki Buddha Point. Sesuai namanya, ada banyak patung Buddha dan patung-patung lainnya yang terbuat dari batu di kedalaman sekitar lima sampai tujuh meter.

Tempat diving yang hampir sama dengan Temple Point ini bisa kita temukan di Temple Garden Pemuteran, Bali Utara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s